Cara Menghilangkan Keyboard Otomatis di HP Xiaomi

Tiap kali ingin mengetikkan pesan, terkadang muncul predictive text tentang apa yang akan ditulis di kata lanjutan, atau bahkan mengoreksi sendiri kalau ada kata yang keliru sesuai kamus bawaan ponsel (auto correct).

Di satu sisi kemampuan otomatis dari keyboard akan membantu saat lupa sebuah kata yang ingin diketik, dan juga fitur ini sangat berguna untuk membantu mencegah typo atau salah ketik.

Namun di sisi lain, kemampuan ini juga terasa menyebalkan, dan bahkan bisa mengganggu Anda yang punya kemampuan mengetik cepat, dan tiba-tiba ketikan Anda berubah karena mengikuti auto correct dari keyboard bawaan Android.

Hasilnya, apa yang ingin ditulis berubah menjadi tidak sesuai keinginan, dan malah jadi tidak karuan.

Ituah yang akhirnya menjadi dasar banyak pengguna gadget dengan sistem operasi Android termasuk Xiaomi, untuk mencari cara menghilangkan keyboard otomatis yang dianggap mengganggu kenyamanan, bahkan menjengkelkan karena malah berpotensi salah ketik.

Cara Menghilangkan Keyboard Otomatis di Xiaomi

Berikut cara menghilangkan keyboard otomatis Xiaomi, untuk menghilangkan kejengkelan Anda saat mengetik pesan:

  1. Silakan buka pengaturan di menu Settings, lalu pilihlah menu Additional Settings untuk bisa memulai langkah menghilangkan keyboard otomatis yang telah mengganggu Anda.
    Menu Additional Settings
  2. Pilih dan bukalah menu Languages & Input.
    Languages & Input
  3. Kemudian Anda bisa pilih menu Keyboard & Input Methods, karena setting otomatis mengoreksi kata agar tidak keliru muncul dari sini, kemudian lanjutkan dengan memilih keyboard bawaan Google atau Gboard.
    Gboard
  4. Setelah menu keyboard Google terbuka, akan tampil pilihan berupa Text Correction. Pada menu tersebut terdiri dari tiga sub menu, masing-masing Next Word Suggenstions, Show Suggenstion Strip, dan juga sub menu Auto Correction
  5. Silakan geser tiga tombol slider yang aktif atau On ke arah kiri atau Off, sehingga tombol auto correct dan semua yang berkaitan dengan prediksi teks dan auto correct bisa dimatikan, dan Anda sudah terbebas dari segala hal yang mengganggu proses mengetik.
  6. Setelah itu, cobalah untuk mengetik pesan, baik lewat aplikasi chatting seperti Whatsapp, Telegram LINE atau yang lainnya, termasuk juga mengetik pesan lewat SMS.

Kalau keyboard otomatis yang mengoreksi tulisan dan memprediksi kata selanjutnya sudah tidak muncul lagi, berarti Anda sudah aman dari gangguan, dan bisa kembali mengetik lagi dengan cepat, tanpa harus merasa terganggu oleh fitur predictive text otomatis bawaan Google tersebut.

Pun tidak usah khawatir lagi sedang asyik mengetik tiba-tiba kata yang ditulis berubah karena auto correct akibat dianggap tidak pas oleh kamus Google.

Untuk smartphone dengan sistem operasi Android, memang sudah dibekali secara standar dari Google dengan keyboard yang otomatis akan melakukan koreksi atau auto correct, ketika ada kesalahan yang menurut Google tidak sesuai dengan kamus bawaannya.

Karena itulah kalau fitur auto correct ini aktif, Anda seperti dituntun untuk menulis kata yang benar, sesuai dengan kamus bawaan Google.

Begitu juga ketika ingin mengetik sebuah kata, raksasa internet ini juga membenamkan fitur predictive text, untuk memberi kemudahan kalau Anda ingin mengetikkan sebuah kata, dan mungkin ada yang terlupa untuk merangkai kalimat.

Kalau Anda butuh fitur-fitur keyboard otomatis itu, tinggal kembali lagi menjalankan prosedur seperti penjelasan di atas, hanya saja tinggal mengaktifkan kembali lewat slider yang digeser ke arah kanan atau On.

Nantinya semua fitur itu akan kembali bisa Anda gunakan.

Tinggalkan komentar