Cara Menambahkan Simbol Mata Uang di Microsoft Excel

Ketika sedang mengerjakan tugas atau laporan keuangan, seringkali pengguna Microsoft Excel harus menambahkan simbol mata uang, saat harus menggunakan nominal seperti Rupiah, untuk kemudian bisa langsung dijumlahkan

Yang menjadikan proses pembuatan laporan jadi agak ribet dan sering jadi penghambat adalah, ketika ingin menuliskan simbol mata uang seperti Rupiah tanpa menulis lebih dulu kata Rp.

Karena tidak bisa muncul otomatis, mau tidak mau harus menulis secara manual, dan itu merepotkan, terutama kalau laporan keuangan yang dibuat bersifat segera, dan harus segera dituntaskan.

Microsoft Excel memang program pengolah data yang cukup handal, sehingga banyak digunakan untuk membuat laporan keuangan berbagai macam usaha, mulai dari toko kelontong sampai menghitung anggaran sebuah departemen.

Agar lebih memudahkan, ini cara menambahkan simbol mata uang di Microsoft Excel, yang akan membuat kerja jadi lebih cepat dan mudah, sekaligus jadi solusi yang lebih praktis.

Cara Menambahkan Simbol Rupiah di Depan Angka Secara Otomatis

  1. Langkah pertama, buatlah tabel yang berisi angka yang nantinya akan dinilai sebagai mata uang, dalam hal ini Rupiah atau Rp.
  2. Silakan blok angka yang akan diberikan simbol mata uang Rp yang disisipkan di sebelah kiri dari bilangan tersebut.
  3. Beralih ke Home yang ada di kiri atas, perhatikan sub menu Number di bawahnya, kemudian pilihlah Currency.
    Curency
  4. Kemudian pilih simbol mata uang Rp yang tertera di daftar.
  5. Simbol Rp akan keluar dengan sendirinya, tepat di sebelah kiri angka yang dituliskan dalam tabel sebelumnya.
  6. Kalau ingin menampilkan decimal, misalnya seperti di uang Rp 1000,00, pada pilihan Rp di menu Currency, ubah angka 0 pada menu Decimal Places menjadi 2, dan otomatis penulisan jumlah uang seribu Rupiah akan menjadi Rp 1000,00.

Cara Menambahkan Simbol Rupiah Dengan Spasi Di Depan Angka Nominal

Agar simbol Rupiah bisa secara otomatis terletak di depan angka dengan spasi atau ada jarak sehingga menuliskannya bisa langsung Rp (jumlah uang), cukup dengan tekan tombol kontrol dan angka 1 (CTRL 1) setelah memblok bagian yang ingin diberi simbol Rupiah berikut spasi baru nominal angka.

Setelah menekan perintah CTRL 1, Anda akan langsung melihat perintah Format Cells dan sub menu Number, berurutan ke samping kanan sampai perintah Protection. Pada kolom Number ada beberapa pilihan menu, pilih yang paling bawah yaitu Custom.

Setelah itu silakan klik dua kali rumus (_-Rp* #,##0_-;-Rp* #,##0_-;_-Rp* “-“_-;_-@_-) untuk langsung melihat efek yang terjadi.

Simbol Rp akan langsung tampil dan berjarak satu spasi secara otomatis dengan nominal uang di sebelah kanan, dan itu akan terjadi pada semua kolom yang diblok, berapapun banyaknya.

Perbedaan Format Currency dan Accounting

Format Currency dan Accounting sepintas terlihat sama secara fungsi, yaitu untuk menampilkan format berupa mata uang dan nominal angka yang mengikuti di belakangnya.

Yang menjadi perbedaan adalah, format Accounting akan membuat simbol mata uang berada di sisi rata kiri, sedangkan nominal uangnya akan berada di sisi rata kanan pada satu cell.

Kalau menggunakan format Currency, simbol mata uang akan berjarak hanya satu spasi saja dari nominal uang yang dituliskan, tanpa melihat apakah spasi antara simbol mata uang dan angka uangnya rata kiri dan kanan saja.

Itulah informasi yang bisa Admin sampaikan mengenai cara menambah simbol mata uang di excel. Semoga penjelasan diatas mudah dipahami.

Tinggalkan komentar