Cara Mengunci Keyboard di Laptop windows 10

Cara Mengunci Keyboard di Laptop Menggunakan laptop Windows 10 bukanlah hal baru bagi sebagian besar orang.

Kebanyakan menempatkan data rahasia atau file penting terkait pekerjaan pada komputer portable. Artinya user pun harus memperhatikan bagaimana melindungi informasi penting dalam perangkat.

Bayangkan ketika Anda harus beranjak dari depan laptop tanpa mengunci perangkat. Kemungkinan besar siapa saja yang berada di sekitar device bisa leluasa mengotak-atik.

Tahukah Anda bila lebih dari 250 juta kasus pencurian data penting bisnis terjadi setiap tahunnya. 

Setelah ditelusuri ternyata perangkat tidak mempunyai sistem keamanan. Bahkan hanya untuk sekedar mengunci papan ketik pun tidak sama sekali.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengunci keyboard laptop windows 10. Tersedia 3 metode lengkap, berikut penjelasannya:

Mengunci keyboard dengan Windows Lock

Mungkin user tidak memperhatikan secara terperinci, apa saja data yang sudah tersimpan dalam laptop Windows 10.

Namun luangkan waktu untuk selalu berjaga-jaga, salah satu caranya adalah mengunci keyboard dengan Windows Lock.

Sebagian besar pengguna laptop adalah karyawan di sebuah perusahaan, dimana mempunyai akses tertentu terhadap data file bersifat sensitif. 

Membiarkan perangkat tidak terkunci, merupakan cara  yang memancing lawan bisnis Anda melakukan kecurangan.

Bahkan sekalipun tidak ada data sensitif semacam itu, alangkah lebih baik bila user mampu menjaga privasinya. Berikut adalah cara mengunci papan ketik yang pertama:

Tekan secara bersamaan tombol Windows pada keyboard dengan tombol huruf L. Secara otomatis laptop akan mengaktifkan mode sleep.

Mengunci Keyboard Dengan Windows Lock

Sehingga papan ketik pun tidak akan berfungsi seperti saat mode on. Saat user akan menggunakan laptop kembali, umumnya sistem meminta kata sandi. Bila belum pernah mensetting password dapat langsung masuk.

User juga bisa menggunakan metode kedua yang memakai aplikasi, jika merasa cara pertama kurang memproteksi.

Pasalnya sistem Windows masih bisa menggerakkan mouse atau keyboard tanpa hambatan. Sekilas membuat orang lain mengira perangkat dalam kondisi shutting down.

Mengunci Keyboard dengan Aplikasi KeyFreeze

Metode kedua yang bisa user coba yaitu mengunci keyboard dengan aplikasi KeyFreeze. Fungsi utama apps adalah menonaktifkan papan ketik, terkhusus bagi perangkat dengan RAM terbatas.

Itulah mengapa penulis merekomendasikan cara ini bagi user laptop Windows 10.

Aplikasi KeyFreeze tidak sulit untuk menavigasikan, sekalipun bagi pengguna tanpa background IT. Selain mudah, spesifikasi apps juga tidak memaksakan perangkat dengan RAM yang kecil.

Umumnya user yang memakai sistem operasi komputer Windows XP, 7, dan 8 turut memanfaatkan kemampuannya.

  1. Search aplikasi KeyFreeze melalui browser atau di Google Playstore.
  2. Pilih download dan instal apps pada laptop.
  3. Klik run apps KeyFreeze lalu buka aplikasi setelah berjalan.
  4. Klik menu Lock Keyboard and Mouse.
  5. Periksa apakah mouse dan keyboard sudah terkunci sempurna.

Diketahui pula cara membuka keyboard setelahnya, yaitu dengan menekan CTRL+ALT+DEL secara bersamaan. Mudahnya lagi cukup dengan menekan tombol Esc selama beberapa saat.

Mengunci Keyboard dengan Aplikasi Kid Key Lock

Metode ketiga masih memakai bantuan apps, yaitu mengunci keyboard dengan aplikasi Kid Key Lock. Fungsi utama aplikasi ini sama seperti KeyFreeze, user dapat memilih salah satu dari dua opsi apps tambahan untuk dipergunakan pada laptop Windows 10.

Kid Key Lock membebaskan user untuk memilih manakah tombol yang berfungsi sebagai pengunci. Pastinya lebih mudah bila membuka dan mengunci papan ketik hanya dengan satu tombol saja. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Silahkan search aplikasi Kid Key Lock melalui browser.
  2. Pilih download dan instal apps pada laptop.
  3. Klik run kemudian buka aplikasi yang telah terpasang.
  4. Pilih settings selanjutnya tentukan tombol untuk kunci.
  5. Opsi lain adalah auto lock.

Demikian pembahasan seputar cara mengunci keyboard di laptop Windows 10. Pastikan user membaca petunjuk long and term masing-masing aplikasi. Semoga membantu!

Tinggalkan komentar